5.
Perancangan
Sistem
· Definisi Perancangan Sistem
Perancangan sistem merupakan tahap
selanjutnya setelah analisa sistem, mendapatkan gambaran dengan jelas tentang
apa yang dikerjakan pada analisa sistem, maka dilanjutkan dengan memikirkan
bagaimana membentuk sistem tersebut.
Perancangan sistem adalah suatu fase dimana diperlukan suatu keahlian
perancangan untuk elemen-elemen komputer yang akan mengunakan sistem yaitu
pemilihan peralatan dan program komputer untuk sistem yang baru. (Kristanto,
2008 : 61)
· Tujuan Perancangan
Sistem
Adapun tujuan yang hendak dicapai dari
tahap perancangan system mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai
berikut:
1. Untuk memenuhi
kebutuhan pemakaian sistem (user)
2.
ntuk memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancangan bangun yang
lengkap kepada pemograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat
dalam pengembangan atau pembuatan sistem.
Didalam perancangan sistem ini kita
harfus memilih tipe perancangan yaitu , pastikan kita memilih UML atau DFD ,
dalam perancangan ini saya memilih tipe UML . Tipe UML terdiri dari :
·
Use case
Use Case merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam pengembangan
sebuah software atau sistem informasi untuk menangkap kebutuhan fungsional dari
sistem yang bersangkutan, Use Case menjelaskan interaksi yang terjadi antara
‘aktor’ — inisiator dari interaksi sistem itu sendiri dengan sistem yang ada,
sebuah Use Case direpresentasikan dengan urutan langkah yang sederhana.Perilaku
sistem adalah bagaimana sistem beraksi dan bereaksi. Perilaku ini merupakan
aktifitas sistem yang bisa dilihat dari luar dan bisa diuji.Perilaku sistem ini
dicapture di dalam USE CASE. USE CASE sendiri mendeskripsikan sistem,
lingkungan sistem, serta hubungan antara sistem dengan lingkungannya.
Deskripsi
dari sekumpulan aksi sekuensial yang ditampilkan sistem yang menghasilkan yang
tampak dari nilai ke actor khusus. Use Case digunakan untuk menyusun behavioral
things dalam sebuah model. Use case direalisasikan dengan sebuah collaboration.
Secara gambar, sebuah use case digambarkan dengan sebuah ellips dengan garis
penuh, biasanya termasuk hanya namanya, seperti gambar berikut (sesuai dengan
project saya ) :
Gambar 1.desaign
use case kegiatan
Gambar 2.desaign
use case laporan
·
Acticity diagram
Activity Diagram merupakan alur kerja (workflow)
atau kegiatan (aktivitas) dari sebuah sistem atau menu yang ada pada
perangkat lunak. Activity Diagram juga digunakan untuk
mendefinisikan urutan atau pengelompokan tampilan dari sistem /user
interface dimana setiap aktivitas dianggap memiliki sebuah rancangan
antar muka tampilan serta rancang menu yang ditampilkan pada perangakat
lunak.
Seperti gambar dibawah ini :
Gambar3. Desaign activity diagram DAK
Gambar 4. Desaign activity diagram LOGIN
Gambar 5. Desaign activity diagram
Master data
Gambar 6. Desaign activity
diagram laporan
·
Class diagram
Class
diagram adalah sebuah class yang menggambarkan struktur dan penjelasan class,
paket, dan objek serta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan,
asosiasi, dan lain-lain. Class diagram juga menjelaskan hubungan antar class
dalam sebuah sistem yang sedang dibuat dan bagaimana caranya agar mereka saling
berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan.Class juga memiliki 3 area pokok (utama) yaitu :
nama,atribut,dan operasi. Nama berfungsi untuk member identitas pada sebuah
kelas, atribut fungsinya adalah untuk member karakteristik pada data yang
dimiliki suatu objek di dalam kelas, sedangkan operasi fungsinya adalah
memberikan sebuah fungsi ke sebuah objek . Dalam mendefinisikan metode yang ada
di dalam kelas harus diperhatikan yang namanya Cohesion dan Coupling, Cohesion
adalah ukuran keterkaitan sebuah instruksi di sebuah metode, Coupling adalah
ukuran keterkaitan antar metode. Di dalam class diagram terdapat hubungan antar
kelas secara konseptual, yang disebut Relasi antar Class, di UML disediakan
macam-macam relasi antar Class, diantaranya: Asosiasi (Hubungan statis antar
kelas), Agregasi (hubungan dari keseluruhan objek), Generalisasi (relasi
beberapa subkelas ke super kelas), Dependency (keterhubungan tiap kelas.)
Gambar 7. Desaign class diagram
·
Squences diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di
sekitar sistem (termasuk pengguna, display/form) berupa message yang digambarkanterhadap
waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal(objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenarioatau rangkaian
langkah-langkah yang dilakukan sebagai responsdari sebuah event untuk menghasilkan
output tertentu. Diawali dariapa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses
dan perubahan apasaja yang terjadi secara internal dan output apa yang
dihasilkan. Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram dan
memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadiuntuk menghasilkan
sesuatu di dalam use case.
Gambar 8. Desaign squences
diagram master data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar