Materi pembelajaran
Berikut
materi yang didapat saya dalam mata kuliah RPL
Pokok
bahasan :
1. Analisis
kebutuhan
2. Analisis sistem
3. Tahapan
pembuatan sofware
4. Perancangan
5. projek
PERANCANGAN
· Definisi Perancangan Sistem
Perancangan sistem merupakan tahap
selanjutnya setelah analisa sistem, mendapatkan gambaran dengan jelas tentang
apa yang dikerjakan pada analisa sistem, maka dilanjutkan dengan memikirkan
bagaimana membentuk sistem tersebut.
Perancangan sistem adalah suatu fase dimana diperlukan suatu keahlian
perancangan untuk elemen-elemen komputer yang akan mengunakan sistem yaitu
pemilihan peralatan dan program komputer untuk sistem yang baru. (Kristanto,
2008 : 61)
· Tujuan Perancangan
Sistem
Adapun tujuan yang hendak dicapai dari
tahap perancangan system mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai
berikut:
1. Untuk memenuhi
kebutuhan pemakaian sistem (user)
2.
ntuk memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancangan bangun yang
lengkap kepada pemograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat
dalam pengembangan atau pembuatan sistem.
· Langkah-langkah Merancang
1.
Membuat
Sistem
Pada tahap pertama ini kita membuat
ERD, sehingga nanti dapatlah database.
Apa
itu ERD.Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loonam (2010),
Entity Relationship Diagram (ERD)
merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu
organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek
pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga
memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem
informasi yang dikembangkan. ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan
model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.Atau
pengertian sempitnya adalah sebuah konsep yang mendeskripsikan hubungan antara
penyimpanan (database) dan didasarkan pada persepsi dari sebuah dunia nyata
yang terdiri dari sekumpulan objek yaitu disebut sebagai entity dan hubungan
atau relasi antar objek- objek tersebut.
2.
Membuat
Datbase
Setelah didapat ERD,langkah
selanjutnya kita membuat database sistem.Basis data itu sendiri adalah.Basis data merupakan suatu kumpulan data terhubung yang tersimpan secara bersama-sama pada suatu
media, tanpa adanya suatu kerangkapan data, sehingga mudah untuk digunakan
kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal,
data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan
menggunakannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga apabila ada penambahan,
pengambilan dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.
3.
Mambuat Tampilan Hirarki Menu
Hirarki menu
adalah Sebuah menu yang berisi item menu dari yang submenu
turun. Submenu menawarkan pilihan item menu tambahan tanpa menyita lebih banyak
ruang di menu bar. Menu hirarkis ditandai dengan segitiga.
4.
Membuat
Desain Antar Muka
Membuat Disain
Antar Muka Pengguna (User Interface) . Desain Antarmuka Pengguna atau rekayasa
antarmuka pengguna adalah desain untuk komputer,
peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat
lunak, dan situs web yang berfokus pada pengalaman
pengguna dan interaksi.
Tujuan dari Desain Antarmuka Pengguna
adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin,
dalam hal mencapai tujuan pengguna—atau apa yang sering disebut dengan user-centered
design. Desain Antarmuka Pengguna yang baik dapat memberikan penyelesaian
pekerjaan dengan menggunakan tangan tanpa menarik perhatian yang tidak perlu
terhadap dirinya sendiri. Desain grafis dapat
dimanfaatkan untuk mendukung kegunaan (bahasa Inggris:Usability). Proses
desain haruslah seimbang antara fungsi teknis dan elemen visual (misalnya,
model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya bisa beroperasi
tetapi juga dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Sumber: (mata kuliah rpl, kartika 2019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar