7. Perancangan antar muka
a.
Membuat
Desain Antar Muka ( interface )
1.
Pengertian
Antarmuka Pemakai (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka
pemakai (User Interface) dapat menerima
informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user)
untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User Interface, berfungsi untuk menginputkan
pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan
penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh
step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting dalam embangun user interface adalah kemudahan
dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan
dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
2.
Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
· Menyesuaikan antar muka pengguna
dengan tugas.
· Membuat antar muka pengguna menjadi
efisien.
· Memberikan arus balik yang tepat
kepada pengguna.
· Memunculkan pertanyaan-pertanyaan
yang dapat dimanfaatkan.
· Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan
pegawai
3.
Manfaat Antar Muka (Interface)
pengguna
Manfaat User
Interface untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan
system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user
interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi
total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use
interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau
Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle
Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
4.
Prinsip Desain User interface
User interface desain
adalah desain komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi
perangkat lunak, dan situs web dengan fokus pada pengalaman pengguna dan
interaksi. Tujuan dari user interface design adalah membuat interaksi pengguna
sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna-apa yang
sering disebut pengguna desain yang berpusat. User interface design yang bagus
memfasilitasi dan menyelesaikan tugas di tangan tanpa menarik perhatian yang
tidak perlu pada dirinya sendiri. Desain grafis dapat dimanfaatkan untuk
mendukung kegunaan. Proses desain harus menyeimbangkan fungsi teknis dan elemen
visual (misalnya, model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak
hanya operasional saja tetapi juga bermanfaat serta dapat disesuaikan dengan
kebutuhan pengguna berubah.
Interface design terlibat dalam berbagai proyek dari
sistem komputer, untuk mobil, untuk pesawat komersial; semua proyek-proyek ini
melibatkan banyak interaksi sama manusia dasar, namun juga membutuhkan beberapa
keterampilan yang unik dan pengetahuan. Akibatnya, desainer cenderung
mengkhususkan diri pada jenis proyek tertentu dan memiliki kemampuan berpusat
di sekitar keahlian mereka, apakah itu perancangan perangkat lunak, penelitian
pengguna, desain web, atau desain industri.
Gambar
12.User Interface Login
Gambar 13.User Interface Transaksi Data
b.
Mambuat Tampilan Hirarki Menu
Hirarki menu
adalah Sebuah menu yang berisi item menu dari yang submenu
turun. Submenu menawarkan pilihan item menu tambahan tanpa menyita lebih banyak
ruang di menu bar.
Gambar 14.desain hirarki menu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar